Jumat, 15 Juni 2012

PENTINGNYA TRY OUT PAKET C UNTUK MENGUKUR KESIAPAN WARGA BELAJAR DALAM MENGHADAPI UNPK

oleh :
Arif Nasdianto
penilik jakarta timur


A. Latar Belakang

Pembangunan pendidikan yang selalu mengalami perkembangan pesat dengan laju perkembangan teknologi informasi yang sangat beraneka ragam, diperlukan peningkatan mutu dan mekanisme pelayanan di bidang pendidikan yang  lebih baik, sehingga Sumber Daya Manusia (SDM) yang diciptakan dapat berpartisipasi dalam membangun dunia penididikan  sesuai dengan kemampuannya seperti halnya dalam pelayanan program kesetaraan paket C di Jakarta Timur .

Pelayanan Pendidikan kesetaraan Paket C adalah pemberian layanan pendidikan nonformal dengan standar kompetensi lulusan yang sama dengan sekolah formal, tetapi konten, konteks, metodologi dan pendekatan untuk mencapai standar kompetensi tersebut lebih memberikan konsep-konsep terapan, tematik, induktif yang terkait dengan permasalahan lingkungan dan melatih kehidupan berorientasi kerja atau berusaha mandiri.

Selanjutnya kemampunan warga masyarakat yang tergabung dalam komunitas warga belajar Paket C jurusan IPS sangat beragam dan tergolong rendah  kemampuannya untuk itu diperlukan  kesiapan pada warga belajar yang mengikuti program Paket C di tiap-tiap PKBM. Salah satu bentuk kegiatan pelayanan pendidikan nonformal dalam rangka memberikan kesipanan pada warga belajar maka maka perlu di selenggarakan  try out paket C.

Pelaksanaan try out Program Paket C tahun 2012 di jakarta timur dilaksanakan untuk menilai pencapaian kompetensi secara wilayah kota administrasi Jakarta Timur pada mata pelajaran yang di ujikan dalam ujian nasional program kesetaraan paket C dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial .
  
B. Tujuan
Tujuan diselenggarakan try out Paket C Jurusan IPS ini adalah
  1. Melatih peserta atau warga belajar  dalam menghadapi Ujian Nasional Paket C jurusan IPS  
  2. Mengukur sejauh mana kesiapan peserta /Warga Belajar dalam menghadapi UNPK Paket C, sehingga lebih siap menghadapi ujian sesungguhnya dan dapat dijadikan acuan belajar materi UNPK.

Tidak ada komentar:

Live Traffic Feed